ABANG NONE JAKARTA 2012

Pemilihan Abang dan None Jakarta 2012
Kolaborasi “Dua Warna” antara Tradisional dan Modern sebagai wujud dari
“ Jakartaku, Harapanku! “
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta kembali menyelenggarakan Pemilihan Abang dan None Jakarta Tahun 2012. Ajang kompetisi bakat dan intelektualitas telah diselenggarakan secara kompetitif di 6 (enam) wilayah Provinsi DKI Jakarta, yaitu dari Kota Administrasi Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Sejak tanggal 17 Juni 2012 para pemenang 3 (tiga) besar di 6 (enam) wilayah Jakarta tersebut mengikuti karantina di tingkat Provinsi DKI Jakarta yang seluruhnya berjumlah 18 pasang. Final pemilihan Abang dan None Jakarta tahun 2012 akan dilakukan pada tanggal 3 Juli 2012 di Teater Besar Jakarta, Taman Ismail Marzuki yang akan ditayangkan secara langsung oleh ANTV pada pukul 20.30 WIB untuk memilih pemenang dengan kategori  :  Abang dan None Jakarta, Wakil I Abang dan None Jakarta, Wakil II Abang dan None Jakarta, Harapan I Abang dan None Jakarta, Harapan II Abang dan None Jakarta, Harapan III Abang dan None Jakarta yang dipilih oleh Tim Juri dan Favorite Abang dan None Jakarta yang dipilih melalui partisipasi masyarakat.

Disampaikan oleh Arie Budhiman, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, “Para Abang dan None Jakarta sebagai Duta Wisata dan Budaya siap mengabdi serta memberikan yang terbaik untuk tanah air, bangsa dan Ibukota Negara Republik Indonesia tercinta. Peran yang perlu terus ditingkatkan adalah aktifitas sosial kemasyarakatan untuk mendukung terwujudnya Jakarta yang aman, nyaman dan sejahtera untuk semua.”  Para finalis Abang None Jakarta nantinya akan diberdayakan pada kegiatan seremonial keprotokolan, kegiatan sosial, promosi di dalam negeri dan luar negeri, penyaluran bakat melalui event atraksi pariwisata, seni dan budaya serta sebagai Public Relation Pemerntah Provinsi DKI Jakarta.
Para finalis Abang dan None Jakarta (18 pasang) saat ini mengikuti masa karantina yang dilakukan di Hotel Sultan, Jakarta Pusat guna mendapatkan pembekalan dan pelatihan sebagai persiapan menjadi Duta Wisata dan Budaya yang handal dan diharapkan sebagai tauladan para generasi muda untuk turut berpartispasi membangun kota Jakarta. Peran Abang None dari tahun ketahun semakin besar, untuk itu pembekalan dan pelatihan yang diberikan disesuaikan dengan peran dan kebutuhannya sebagai Duta Wisata dan Budaya selain sebagai duta-duta lainnya yang disandang, seperti Duta Anti Narkoba, Duta Lalu Lintas. Mereka berhasil menjadi pemenang setelah menyisihkan kurang lebih 1.854 (seribu delapan ratus lima puluh empat) peserta yang pada tahun ini meningkat sebesar 14.94% dari tahun sebelumnya.
Dewan juri yang juga memberikan pembekalan dan latihan pada masa karantina beranggotakan 7 (tujuh) pakar nasional yaitu: Rusdi Saleh (Sejarah Jakarta dan Budaya Betawi), Maudy Koesnaedy (Kecantikan dan Tata Busana), Robert P. Silalahi (Pemerintahan dan Pengetahuan Umum), Hermawan Kertajaya (Public Relation dan Marketing), Prita Kemal Gani (Etiket dan Kepribadian), Titi Koesoemo (Kepariwisataan dan Bahasa Asing) dan Surasti Nurdadi (Psikologi). 
Adapun data finalis Abang dan None Jakarta Tahun 2012 dari masing-masing wilayah adalah sebagai berikut;
  1. Aldy Primanda dari Jakarta Selatan
  2. Cheeryl Nefida Sari dari Kepulauan Seribu
  3. Alfian Pratama dari Jakarta Timur
  4. Valerie Krasnadewi dari Jakarta Utara
  5. Jaka Pradipta dari Jakarta Pusat
  6. Olivia Sandra dari Jakarta Barat
  7. Rezzi Nanda Barizki dari Kepulauan Seribu
  8. Wandha Dwiutari Putri dari Jakarta Utara
  9. Reva Fardani Amarza dari Jakarta Selatan
  10. Adela Sitohang dari Kepulauan Seribu
  11. Muhammad Taufik Effendi dari Jakarta Utara
  12. Inda Tasha Bastaman dari Jakarta Selatan
  13. Rendy Wicaksana dari Jakarta Barat
  14. Reska Amelia dari Jakarta Timur
  15. Rivaldi Fahmi Harun dari Kepulauan Seribu
  16. Afiffa Mardhotillah dari Jakarta Selatan
  17. Adriel Alexander Machmud dari Jakarta Selatan
  18. Palti Karina Amarita dari Jakarta Timur
  19. Rizka Abrar dari Jakarta Barat
  20. Niken Ayu Lativani dari Jakarta Pusat
  21. Naufal Zulfahmi dari Jakarta Timur
  22. Muthia Szami Naffisah dari Jakarta Barat
  23. Julio Roland H dari Jakarta Utara
  24. Dewi Melani Setyaningrum dari Jakarta Timur
  25. Iskandar dari Kepulauan Seribu
  26. Luciana Hasan dari Jakarta Pusat
  27. Iqbal Nurman dari Jakarta Pusat
  28. Cut Mellyza Rizka dari Kepulauan Seribu
  29. Vincent August dari Jakarta Timur
  30. Laura Harris dari Jakarta Pusat
  31. Chandra Muda Budiman dari Jakarta Pusat
  32. Andin Dwitasari dari Jakarta Utara
  33. Maulana Muhammad dari Jakarta Barat
  34. Denna Nurdariana dari Jakarta Selatan
  35. Teuku Faris Riandi dari Jakarta Utara
  36. Nur Fitri Aprilia dari Jakarta Barat